Thursday , 17 August 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Faktor Penyebab Kelopak Mata Hitam

Faktor Penyebab Kelopak Mata Hitam

Faktor Penyebab Kelopak Mata Hitam

Faktor Penyebab Kelopak Mata Hitam

Faktor Penyebab Kelopak Mata Hitam

Faktor Penyebab Kelopak Mata Hitam РKelopak mata adalah sebuah lapisan kulit dengan sangat tipis, bahkan yang paling tipis diantara semua jenis kulit bagian tubuh. Kelopak mata mempunyai fungsi yang sangat penting yakni dapat mencegah semua  benda asing supaya tidak masuk serta tidak melukai di bagian bola mata. Pada umumnya kelopak mata mempunyai warna yang normal seperti halnya warna kulit yang lain. Pigmen yang akan berperan mempengaruhi bagian warna kelopak mata yakni melanin. Semua orang mempunyai sel yang disebut dengan istilah melanosit dimana fungsi sel ini agar dapat menghasilkan melanin. Terlalu banyak melanin yang ada di dalam tubuh maka dapat membuat bagian tubuh akan menjadi coklat dengan kehitaman. Keadaan kelopak mata yang berwarna hitam sering terjadi pada saat tubuh memproduksi terlalu banyak melanin. Berikut merupakan uraian penyebab kelopak mata yang hitam diantaranya:

1. Alergi
Alergi adalah salah satu reaksi dari tubuh pada saat tidak dapat menerima zat ataupun senyawa yang berasal dari luar tubuh. Alergi dapat mengakibatkan beberapa keadaan seperti asma, menyebabkan gangguan pernafasan, menyebabkan gatal, serta reaksi terhadap mata. Reaksi terhadap mata akan sering mengakibatkan mata gatal, terasa sakit, merah, serta rasa tidak nyaman. Pada umumnya pemicu dari reaksi yang megakibatkan alergi terhadap mata berasal dari debu, dari kotoran dan juga pasir. Kebiasaan dalam menggosok mata akan mengakibatkan peradangan lalu akan menyebabkan kelopak mata menjadi berwarna gelap atau hitam.

2. Peradangan
Peradangan atau disebut dengan inflamasi dapat megakibatkan kelopak mata menjadi hitam. Keadaan ini paling sering terjadi pada saat peradangan sudah lama serta tidak dilakuka perawatan dengan tepat. Peradangan akan sering terjadi berhubungan dengan tekanan terhadap mata dan menyebabkan cedera pada mata. Peradangan akan menyebabkan warna pada kelopak mata akan menjadi lebih hitam.

3. Iritasi
Iritasi merupakan salah satu gangguan pada mata yang paling sering dialami seseorang. Gangguan iritasi ini dapat diakibatkan karena adanya suatu zat ataupun benda asing yang mengenai mata. Dampaknya sehingga bagian mata akan menghasilkan banyak keringat serta menghasilkan cairan. Cairan ini berguna agar dapat mengeluarkan semua kotoran yang terdapat dalam mata. Gesekan yang keras karena rasa gatal yang terjadi pada mata akan mengakibatkan trauma pada kulit mata dengan demikian kelopak mata akan menjadi hitam.

4. Cedera
Cedera yang dialami pada kelopak mata akan mengakibatkan warna hitam di bagian kelopak mata. Keadaan ini akan bertahan dengan waktu yang singkat akan tetapi bersifat tetap. Akibat terkena pukulan yang tidak sengaja di area wajah dapat membuat kelopak mata akan menjadi hitam.

5. Tubuh kurang gizi
Reaksi tubuh yang mengalami kekurangan gizi dapat mengakibatkan kelopak mata menjadi hitam. Keadaan ini biasanya tidak akan terjadi secara cepat akan tetapi apabila sudah terakumulasi dengan waktu yang lama. Beberapa hal yang sering mengakibatkan kelopak mata menjadi hitam seperti kondisi anemia. Anemia dapat diakibatkan karena tubuh mengalami kekurangan zat besi yang dapat membuat sel darah merah di dalam tubuh menjadi berkurang banyak. Apabila kelopak mata di buka sehingga bagian dalamnya dapat terlihat lebih pucat. Akan tetapi bagian luar kelopak mata dapat terlihat lebih hitam.

6. Kurang tidur
Orang sering bekerja keras serta tidak memeperoleh waktu tidur dengan cukup akan mengalami kelopak mata menjadi berwarna merah. Pada saat kurang tidur sehingga sebetulnya bagian dari pembuluh darah yang ada di kelopak mata akan mengalami peradangan serta mengalami pembengkakan. Dimana hal ini dapat mengakibatkan perubahan terhadap warna kelopak mata yang akan menjadi lebih hitam.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates