Monday , 26 June 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Faktor Penyebab Paru – Paru Mengecil Sebelah

Faktor Penyebab Paru – Paru Mengecil Sebelah

Faktor Penyebab Paru – Paru Mengecil Sebelah

Faktor Penyebab Paru - Paru Mengecil Sebelah

Faktor Penyebab Paru – Paru Mengecil Sebelah

Faktor Penyebab Paru – Paru Mengecil Sebelah – Paru – paru adalah alat pernapasan dimana tempat terjadinya pertukaran oksigen serta karbon dioksida yang berasal dari darah. Apabila fungsi aliran udara mengalami terganggu, tentunya fungsi organ paru – paru juga akan menjadi terganggu, dampaknya darah yang ada didalam tubuh dapat mengalami kekurangan oksigen. Paru – paru yang tidak bisa menampung udara dengan normal dapat menyebabkan ukurannya menjadi kecil, sebab sifat paru – paru seperti halnya balon dengan berisi udara. Pengecilan terhadap paru biasanya diakibatkan karena kurangnya suplai udara yang masuk ke dalamnya, bisa diakibatkan karena kelainan atau akibat penyakit medis. Berikut merupakan faktor penyebab mengecilnya organ paru – paru:

1. Tumor
Tumor bisa mengakibatkan ukuran paru menjadi kecil. Pengecilan pada organ paru sering terjadi akibat adanya gangguan pada lobus medius. Tumor yang timbul di dekat saluran pernapasan atau bronkus dan bisa menekan bronkus, dengan demikian akan menghambat aliran udara. Dampaknya paru – paru akan mengalami radang serta akan tumbuh jaringan parut, dengan demikian paru tidak bisa berfungsi dengan normal.

2. Pembesaran kelenjar getah bening
Hal ini bisa termasuk terhadap atelektasis, dimana prosesnya akan mirip dengan kondisi tumor. Di daerah saluran pernapasan ada kelenjar getah bening. Pada saat peradangan terjadi, dapat memicu kinerja pada kelenjar getah bening untuk fungsi pertahanan tubuh. Dampaknya akan terjadi pembesaran terhadap kelenjar getah bening, serta bisa menekan saluran pernapasan atau bronkus.

3. Lendir
Radang yang terjadi di bagian saluran nafas mengakibatkan pembentukan produksi terhadap lendir. Tujuan dari produksi lendir sebetulnya yakni usaha tubuh dalam mengeluarkan mikroorganisme yang ada di saluran nafas yakni dengan cara lendir dengan kandungan mikroorganisme dapat dikeluarkan yang melalui batuk. Akan tetapi, lendir dengan jumlah yang terlalu banyak serta yang terlalu kental dapat memenuhi saluran pernafasan yang berbentuk seperti halnya pipa. Dampaknya aliran udara tidak bisa berjalan dengan normal sebab tertutup oleh lender. Udara yang mengalami terhambat, akan mengakibatkan sisa udara pada alveoli dapat habis terambil oleh suatu sel darah serta pada akhirnya mengakibatkan alveoli tidak dapat mengembang dan aka menciut. Sehingga akan menyebabkan paru menjadi kecil akibat kekurangan udara.

4. Benda asing
Benda asing yang dapat masuk ke dalam saluran pernafasan sering terjadi terhadap anak – anak terutama pada saat bermain. Proses dari adanya benda asing akan mirip dengan akibat adanya lendir, dimana benda asing bisa menutupi aliran udara, dengan demikian paru bisa kekurangan udara dan akan mengecil.

5. Kekurangan surfaktan
Surfaktan adalah cairan yang melapisi bagian dinding alveoli supaya dinding tersebut tidak saling menempel pada saat udara berkurang. Kekurangan surfaktan akan mengakibatkan dinding – dingding tersebut akan menempel serta akan sulit dalam mengembang yang menyebabkan kekurangan udara. Hal tersebut akan sering terjadi pada bayi yang baru saja di lahirkan, dengan demikian bisa mengakibatkan kematian akibat kekurangan oksigen.

6. Penyakit Tuberkulosis (TBC)
Penyakit Tuberkulosis adalah jenis penyakit yang memberikan radang dengan bersifat kronis terhadap paru – paru. Proses peradangan dapat terjadi sebagai akibat proses infeksi oleh adanya bakteri Mikobakterium Tuberkulosis di dalam jaringan (parenkim) pada paru – paru. Ketika terjadi peradangan, maka sel – sel pertahanan tubuh dapat melawan bakteri supaya tidak semakin merusak terhadap jaringan paru. Apabila daya tahan tubuh  bisa bertahan, dengan demikian peradangan hanya akan terjadi di sedikit area. Akan tetapi apabila daya tahan tubuh tidak dapat bertahan, sehingga peradangan bisa semakin meluas.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates