Wednesday , 16 August 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Faktor Penyebab Servisitis dan Gejalanya

Faktor Penyebab Servisitis dan Gejalanya

Faktor Penyebab Servisitis dan Gejalanya

Faktor Penyebab Servisitis dan Gejalanya

Faktor Penyebab Servisitis dan Gejalanya

Faktor Penyebab Servisitis dan Gejalanya – Servisitis adalah radang yang terjadi di leher rahim atau pada serviks. Serviks adalah bagian terbawah dari bagian rahim yang dapat berperan sebagai jalan masuknya rahim dari vagina serta servisitis ini dapat terjadi tanpa dapat menimbulkan gejala atau tanda yang akan dialami pada penderitaya. Servisitis adalah suatu kondisi yang dapat di tandai adanya peradangan di daerah serviks yang terjadi sebagai akibat infeksi karena penyakit menular, infeksi bakteri ataupun cedera terhadap serviks dari benda asing misalnya karena penggunaan tampon serta diafragma serviks.

Pada saat servisitis sedang dalam kondisi radang, dengan demikian serviks dapat menimbulkan pembengkakan, keinginan rasa ingin untuk buang air kecil yang semakin sering, nyeri pada saat buang air kecil, sakit pada saat melakukan hubungan seksual, terjadi pendarahan yang abnormal serta mengalami keputihan yang akan keluar dari vagina.

Terdapat beberapa faktor yang mengakibatkan seorang wanita akan memiliki resiko lebih tinggi untuk mengalami servisitis serta peradangan yang parah pada umumnya dapat terjadi akibat infeksi yang terjadi pada saat berhubungan seksual, penyebab tersebut berikut diantaranya:
1. Hubungan Seksual
Melakukan hubungan badan dengan cara yang tidak aman bagi pasangan, dengan berganti pasangan atau dengan melakukan hubungan badan tanpa menggunakan alat pengaman.

2. Penyakit Menular Gonore
Penyakit menular seksual yang terjadi terhadap wanita akibat berhubungan seksual dengan pasangan yang sudah mengalami infeksi atau berhubungan badan yang melalui dubur maupun lewat oral yang akan mengakibatkan rasa sakit, masalah terhadap rektum, sendi ataupun mata.

3. Penyakit Menular Klamidia
Penyakit menular seksual akan sangat mudah menyebar serta seringkali tidak dapat memperlihatkan tanda dan gejala. Pada umumnya gejala akan terlihat sesudah satu hingga tiga minggu dalam melakukan hubungan seksual.

4. Herpes Simplex Virus
Terdapat 2 jenis virus herpes genital yaitu jenis virus herpes simpleks 1 serta virus herpes simpleks 2. Virus herpes ini akan rentan dialami pada wanita yang masih ada dalam usia subur serta masa kehamilan yang akan mengakibatkan janin juga akan terjangkit virus ini serta ini menjadi penyakit kelamin sebagai penyebab dari servisitis.

5. Human Papillovirus [HPV]
Infeksi ini akan ditandai dari adanya daging yang berwarna abu – abu di daerah genital serta di anus terhadap wanita.

6. Ketidakseimbangan Bakteri
Bakteri yang sehat dan juga bakteri normal yang terdapat di dalam vagina dapat dijangkiti dengan bakteri yang berbahaya yang tidak sehat disebut dengan jenis bakteri vaginosis.

7. Sistem Kekebalan Vagina
Dengan memiliki imunitas atau sistem kekebalan vagina bawaan sebagai akibat mengalami suatu jenis penyakit maupun pengobatan medis misalnya transplantasi organ dapat menjadi salah satu faktor penyebab dari kondisi servisitis.

8. Kanker atau Perawatan Kanker
Penyakit kanker menjadi salah satu faktor penyebab kondisi servisitis dimana akan terjadi akibat terapi radiasi. Dengan demikian akan mengakibatkan reviks akan lebih konsisten dengan adanya servisitis tersebut.

9. Hormon tidak seimbang
Ketidakseimbangan terhadap hormon akan terjadi akibat estrogen maupun hormon progesteron lebih rendah dengan demikian dapat mengganggu tubuh untuk mempertahankan jaringan serviks yang sehat.

10. Trichomonas Vaginalis
Trichomonas vaginalis merupakan jenis penyakit seksual menular yang diakibatkan karena parasit bersel satu ataupun protozoa yaitu Trichomonas Vaginalis dengan tanda dan gejala keputihan.

11. Bakteri
Bertumbuhnya bakteri yang terjadi di dalam vagina yaitu bakteri vaaginosis bakterialis merupakan salah satu faktor penyebab pada wanita yang mengalami kondisi servisitis.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates