Tuesday , 26 September 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Gambaran Klinis Trismus

Gambaran Klinis Trismus

Gambaran Klinis Trismus

Gambaran Klinis Trismus

Gambaran Klinis Trismus

Gambaran Klinis Trismus – Trismus merupakan suatu bentuk keterbatasan untuk membuka bagian mulut, dimana hal ini terjadi di dalamnya sebagai akibat dari adanya kondisi trauma, karena pembedahan serta akibat radiasi. Kondisi trismus atau keterbatasan untuk membuka bagian mulut bisa menyebabkan gangguan atau masalah pada kondisi kesehatan, yang termasuk di dalamnya akan mengalami kekurangan asupan zat – zat nutrisi sebagai akibat gangguan untuk mengunyah makanan, gangguan untuk berbicara, serta akan mempengaruhi kondisi kesehatan mulut dan kesehatan gigi. Bagi orang yang mengalami rasiasi di daerah leher dan juga kepala, permasalahan tersebut akan sering terjadi bersamaan dengan adanya gangguan untuk menelan.

Gambaran yang utama dari kondisi trismus yakni gangguan untuk membuka mulut. Bagi pasien yang mengalami kanker hal ini biasanya akan terjadi sebagai akibat radiasi atau karena pembedahan, kerusakan di bagian saraf, atau karena gabungan dari bermaca – macam faktor. Pada penderita penyakit stroke, hal ini akan terjadi sebagai akibat gangguan pada susunan saraf pusat atau SSP. Gangguan bicara serta gangguan menelan akan sering mengiringi gangguan untuk membuka mulut, serta kombinasi dari gejala tersebut dapat menyulitkan penanganan terhadap penderitanya. Pada penderita yang mengalami kondisi trismus sebagai akibat terapi radiasi, akan sering mengalami mucusitis, xerostomia, serta nyeri yang timbul akibat luka bakar yang berasal dari radiasi. Semua hal ini sering dikaitkan dengan gejala klinis lain yang dijumpai, misalnya sakit kepala, nyeri di bagian rahang, nyeri pada telinga, menyebabkan ketulian, atau nyeri di bagian pergerakan rahang.

Berikut merupakan permasalahan yang terjadi akibat trismus, diantaranya:
1. Permasalahan dalam proses makan
Berkurangnya kemampuan untuk membuka bagian mulut mengakibatkan berkurangnya asupan vitamin atau nutrisi pada penderita dengan kondisi trismus. Penderita trismus tidak dapat mampu untuk mengkonsumsi makanan dengan porsi yang biasa. Penderitanya juga biasanya dapat mengalami menurunya berat badan serta akan mengalami kekurangan gizi akibat kesulitan untuk makan.

2. Permasalahan dalam kesehatan gigi dan mulut
Gangguan untuk membuka bagian mulut bisa menimbulkan masalah atau gangguan terhadap kesehatan gigi dan juga kesehatan mulut. Kesehatan gigi serta kesehatan mulut yang kurang baik bisa menimbulkan karies pada gigi yang bisa mengakibatkan terjadinya infeksi. Infeksi yang lebih lanjut dapat mengakibatkan terjadinya osteoradionekrosis. Osteoradionekrosis ini akan dialami pada penderita penyakit kanker yang sedang menjalani terapi terhadap mandibula. Walaupun jarang terjadi, gangguan ini bisa mengganggu fungsi pada rahang serta akan menjadi fatal. Hal ini akan terjadi sebagai akibat matinya jaringan pada tulang mandibula akibat radiasi. Pada kondisi ini terapi yang diperlukan yakni oksigen hiperbarik.

3. Permasalahan dalam proses menelan dan berbicara
Kebanyakan pada penderita dengan kondisi trismus dapat mengalami gangguan untuk menelan dan juga gangguan berbicara. Berbicara dapat menjadi terganggu apabila mulut tidak bisa terbuka dengan normal dengan demikian bunyi yang akan dihasilkan tidak dapat sempurna. Proses untuk menelan dapat terganggu apabila bagian otot terjadi kerusakan, bagian laring tidak dapat mampu dielevasikan dengan sempurna pada saat bolus makanan yang melaluinya.

4. Permasalahan akibat immobilasi sambungan rahang
Walaupun gejala utama dari kondisi trismus yakni ketidakmampuan untuk membuka bagian mulut, hal lain yang harus memperoleh perhatian yakni gangguan terhadap temporomadibular joint. Pada saat bagian temporomadibular joint sedang mengalami suatu immobilisasi, maka proses degeneratif dapat terjadi terhadap sambungan tersebut, perubahan ini akan hampir sama dengan perubahan yang dapat terjadi dalam proses artritis, serta biasanya dapat disertai dengan rasa nyeri serta proses inflamasi.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates