Thursday , 22 June 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Ketahui Jenis Disleksia

Ketahui Jenis Disleksia

Ketahui Jenis Disleksia

Ketahui Jenis Disleksia

Ketahui Jenis Disleksia

Ketahui Jenis Disleksia – Disleksia adalah salah satu gangguan pada proses belajar dimana penderitanya tidak dapat memahami suatu bacaan. Siapapun bisa mengalami disleksia serta bahkan seorang anak yang memiliki IQ yang tinggi. Para penderita disleksia biasanya dapat mengalami kesulitan untuk melakukan proses pengidentifikasian terhadap pengucapan kata – kata yang harus diubah ke dalam bentuk huruf dan juga kalimat atau sebaliknya. Pada umumnya, disleksia akan menyerang anak – anak, selain itu kabar buruknya yakni bahwa disleksia tidak ada hubungannya dan tidak terpengaruh oleh tingkat kecerdasan pada seorang anak. Dengan demikian, harus mengenali lebih dalam terkait jenis, faktor penyebab sampai cara mengatasinya agar dapat lebih waspada.Ketidakmampuan untuk membaca terhadap anak – anak dapat diakibatkan fungsi otak yang sedang terganggu untuk proses transfer urutan – urutan huruf menjadi suatu pemaknaan. Harus diketahui bahwa terdapat lima macam disleksia yang berkaitan erat dengan kondisi kelainan otak, diantaranya:

1. Disleksia Traumatis atau Traumatic Dyslexia
Meskipun anak – anak yang paling sering mengalami disleksia, akan tetapi bukan berarti dalam setiap kasus disleksia dimana penderitanya hanya pada anak – anak saja. Terdapat pula orang dewasa yang menderita disleksia serta jenis disleksia inilah yang paling sering dialami pada orang dewasa. Faktor penyebab utama disleksia traumatis biasanya yaitu akibat benturan keras. Hanya saja tidak menutup kemungkinan bahwa kondisi traumatis juga diakibatkan oleh adanya keadaan penyakit tertentu, misalnya stroke. Stroke ini dapat menyebabkan cedera pada otak dan akhirnya fungsi kebahasaan juga akan mengalami gangguan. Disleksia traumatis dapat mengakibatkan penderitanya akan kehilangan kemampuan untuk membaca di usia dewasa serta ini terjadi pada banyak kasus dengan disleksia jenis ini.

2. Disleksia Primer atau Primary Dyslexia
Pada keadaan disleksia primer merupakan yang paling sering dikaitkan dengan faktor keturunan sebagai faktor penyebab utamanya. Para penderita dengan kondisi disleksia primer biasanya dapat menimbulkan adanya gejala disleksia secara dini. Gejala ini akan berlanjut dan pada akhirnya akan menjadi permanen hingga usia mereka menginjak dewasa. Untuk kondisi disleksia primer, kebanyakan penderitanya adalah laki – laki.

3. Disleksia Sekunder atau Secondary Dyslexia
Untuk jenis disleksia sekunder, pada kebanyakan kasus akan terjadi pada anak – anak yang mengalami cedera pada bagian otak atau brain damage pada saat usia mereka masih usia muda. Kerusakan otak ini dapat menyebabkan seorang anak akan menimbulkan gangguan untuk membaca dan hingga sang anak tumbuh dewasa juga dimana gangguan tersebut dialami.
Kondisi jenis disleksia sekunder pada umumnya tidak ada kaitanya dengan riwayat dalam keluarga yang mengalami disleksia jenis ini juga. Jenis disleksia ini seringkali dipicu oleh gangguan pada saat hamil, gangguan pada saat persalinan, atau karena benturan yang terjadi sewaktu pada saat anak masih dalam usia bayi.

4. Disleksia Auditori
Untuk disleksia auditori, biasanya bisa menyerang bagian organ otak yang mempunyai peran sebagai penerjemah bunyi serta saraf – saraf pendengaran. Inilah yang kemudian akan menjadi faktor penyebab kenapa penderita dengan jenis disleksia ini kemudian tidak dapat mengaitkan suatu huruf dengan bunyi yang ia sudah miliki dengan cepat.

5. Disleksia Visual
Untuk jenis disleksia visual dimana penderitanya tidak mengalami gangguan ataupun masalah yang berarti untuk hal fungsi kebahasaan. Namun, kemampuan mata yang dalam kondisi lemah untuk membaca selain itu juga kemampuan otak untuk proses penerjemahan huruf yang rendah pada akhirnya akan menyebabkan si penderita mengalami hambatan pada saat harus mencoba memahami tulisan yang terdapat di hadapannya.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates