Thursday , 22 June 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Manfaat Telur Puyuh Untuk Kesehatan

Manfaat Telur Puyuh Untuk Kesehatan

Manfaat Telur Puyuh Untuk Kesehatan

Manfaat Telur Puyuh Untuk Kesehatan

Manfaat Telur Puyuh Untuk Kesehatan

Manfaat Telur Puyuh Untuk Kesehatan – Telur puyuh adalah salah satu makanan yang juga populer di berbagai negara, diantaranya adalah eropa, amerika, india dan juga meksiko. Di dalam masakan jepang, telur puyuh sering kali dihidangkan di dalam bentuk setengah matang atau mentah yang dimasak seperti sushi tamago yang disajikan pada menu makan siang. Di wilayah Indonesia sendiri telur puyuh juga juga sangat digemari oleh masyarakat terutama anak-anak. Selain memiliki rasa yang enak dan lezat telur puyuh juga mempunyai beberapa manfaat yang sangat besar untuk kesehatan. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari telur puyuh.

1. Meningkatkan penglihatan
Telur puyuh memiliki kandungan vitamin A yang sangat mengesankan, maksudnya dengan mengonsumsi makanan ini dapat membantu kita dalam menjaga kesehatan mata. Aktivitas antioksidan vitamin A juga bisa mengurangi degenerasi makula dan dapat mencegah perkembangan katarak.

2. Sumber protein
Telur puyuh ini juga di dalamnya terkandung sumber protein yang tentunya sangat baik untuk dikonsumsi oleh anak-anak yang sedang mengalami masa pertumbuhan, dimana mereka juga membutuhkan lebih banyak nutrisi terutama protein. Protein sendiri dipecah menjadi komponen penyusus sel-sel baru, tulang, jaringan otot dan juga pembuluh darah. jadi perkembangan dan pertumbuhan pada anak dapat dimaksilmalkan dengan memenuhi kebutuhan protein

3. Mengurangi Tekanan Darah
Ada beberapa mineral yang sangat penting yang dijumpai di dalam telur puyuh, salah satunya adalah kalium. Meski demikian manfaat telur puyuh untuk mengurangi hipertensi masih perlu untuk dilakukan penelitian lebih mendalam, kehadiran kalium di dalam makanan ini dapat menjadi sinyal positif apabila telur puyuh dapat dijadikan sebagai salah satu makanan yang bisa menurunkan tekanan darah tinggi. Kalium sendiri merupakan mineral yang sangat penting dan bermanfaat dalam menstabilkan tekanan darah.

4. Membersihkan Tubuh
Melakukan detoksifikasi pada tubuh merupakan suatu hal yang sangat penting yang perlu untuk dilakukan, mengingat banyak sekali logam berat dan racun yang tiap harinya kita masukkan ke dalam tubuh, baik melalui makanan ataupun udara. Meski demikian, telur puyuh ini tidak dikenal sebagai makanan untuk detoksifikasi pada tubuh. Dalam sebuah penelitian menunjukkan jika menambahkan telur puyuh ke dalam menu harian bisa membantu mengurangi racun di aliran darah, dan dapat membantu untuk mengurangi batu kandung kemih dan juga batu ginjal.

5. Mencegah Penyakit Kronis
Antioksidan merupakan komponen penting dari kesehatan manusia, hal ini dikarenakan kita terus menerus berjuang untuk melawan radikal bebas yang menyebabkan penyakit berbahaya seperti diabetes dan juga kanker. Telur puyuh ini mempunyai kandungan vitamin C dan vitamin A yang bisa membantu dalam menetralkan radikal bebas serta melindungi kesehatan kita secara keseluruhan.

6. Meningkatkan Metabolisme
Aktrivitas metabolisme akan terjadi karena adanya beragam Jenis kelompok vitamin B yang dijumpai di dalam telur puyuh ini. Jadi dengan mengonsumsi telur puyuh ini akan memperoleh banyak manfaat.

7. Dorongan energi
Telur puyuh ini memiliki banyak kandungan nutrisi didalamnya yang penuh dengan energi, sehingga baik dikonsumsi daripada meminum minuman berenergi. Ada beragam mineral dan mikro yang dijumpai di telur puyuh ini yang sangat bermanfaat dalam memberikan dorongan energi kepada kita. Belum lagi telur puyuh ini juga menjadi sumber protein dengan menyediakan hampir 6 gram per porsinya, sehingga telur ini sangat baik untuk meningkatkan energi tubuh.

Meski telur puyuh mempunyai banyak manfaat, akan tetapi di sisi lain juga memberikan dampak negatif untuk kesehatan apabila dikonsumsi dengan berlebihan. Hal ini dikarenakan telur puyuh mempunyai kuning telur yang lebih besar daripada telur pada umumnya, selain memberikan protein, kuning telur pada telur puyuh ini terkandung sejumlah kolesterol sehingga harus mendapatkan perhatian khusus. Bagi yang mempunyai kandungan kolesterol tinggi, alangkah baiknya berhati-hati dalam mengonsumsi telur ini.

About Pradini33

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates