Tuesday , 24 October 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Penyebab dan Gejala Katarak di Usia Muda

Penyebab dan Gejala Katarak di Usia Muda

Penyebab dan Gejala Katarak di Usia Muda

Penyebab dan Gejala Katarak di Usia Muda

Penyebab dan Gejala Katarak di Usia Muda

Penyebab dan Gejala Katarak di Usia Muda – Mata adalah salah satu organ yang penting di dalam tubuh yang berperan untuk melihat. Mengingat peran dari mata sangat penting, dengan demikian menjaga dan juga merawat kesehatan mata merupakan tugas yang wajib yang harus dilakukan. Sama seperti halnya organ tubuh yang lainnya, pada mata juga dapat mengalami gangguan serta dapat menimbulkan penyakit dimana salah satunya yakni penyakit katarak.

Katarak bukan hanya diakibatkan oleh terjadinya proses penuaan, sebab pada kenyataanya terdapat juga orang muda yang mengalami penyakit ini. Pada zaman dulu memang penyakit katarak banyak dialami pada orang dengan lanjut usia yakni di atas 60 tahun, namun akibat pola hidup serta kebiasaan yang buruk akan membuat anak muda menjadi berisiko mengalami katarak. Terjadinya penyakit katarak di usia muda, dapat dipicu oleh seseorang yang sering terkena paparan dari sinar matahari dnegan langsung yang berdampak terhadap gangguan mata serta organ kulit. Apabila kebiasaan untuk beraktivitas di bawah sinar matahari dengan terus – menerus dilakukan, maka lambat laun dapat mengakibatkan terjadinya suatu gejala penyakit katarak secara dini.

Pada penderita katarak dengan umur yang masih relatif muda sehingga masalah penuaan bukanlah menjadi suatu alasan utama mengalami penyakit katarak ini. Hasil penelitian tebaru menjelaskan bahwa  akibat penggunaan smartphone, penggunaan tablet, dan juga penggunaan perangkat elektronik yang lainnya ternyata bisa meningkatkan resiko seseorang mengalami katarak. Tidak hanya hal itu, terdapat pula faktor penyebab katarak yang lainnya sebagai berikut:

1. Penderita Diabetes
Seseorang yang mengalami penyakit diabetes di usia muda atau hipertensi (darah tinggi) maka mempunyai resiko yang lebih tinggi apabila dibandingkan dengan seseorang yang tidak mengalami penyakit tersebut. Dalam hal ini penyakit diabetes serta penyakit hipertensi harus segera dilakukan penanganan dengan baik agar tidak akan berdampak buruk terhadap area mata. Selain penyakit diabetes terdapat pula jenis penyakit yang lain yang bisa meningkatkan risiko seseorang mengalami katarak di usia masih yakni bagi mereka yang mengalami kondisi gangguan pada kulit misalnya eksim.

2. Paparan Sinar Matahari
Paparan dari sinar ultraviolet bisa meningkatkan resiko seseorang mengalami penyakit katarak.

3. Faktor Genetik
Faktor genetik ternyata bisa meningkatkan resiko seseorang untuk mengalami penyakit katarak. Dalam keluarga yang positif mengalami katara maka sering menjadi salah satu faktor penyebab seseorang mengalami katarak lebih dini di usia muda.

4. Cedera Mata
Cedera mata atau akibat mengalami trauma fisik juga bisa menyebabkan katarak secara dini. Hasil studi menjelaskan bahawa apabila para pilot yang mengoperasikan pesawat komersial mempunyai peluang tiga kali lipat lebih besar mengalami penyakit katarak apabila dibandingkan dengan mereka dengan berprofesi sebagai selain pilot. Penyebab dari keadaan ini di duga bahwa adanya radiasi dengan berlebihan dari luar angkasa.

Terdapat beberapa tanda dan gejala katarak yang pada umumnya akan dirasakan pada para penderita katarak akan tetapi yang paling sering dialami yakni mengalami kesulitan untuk melihat dengan jelas pada malam hari dan penglihatan yang menjadi kabur terutama pada saat ada di tempat dengan cahaya yang silau terang. Gejala lainnya sebagai berikut:

1. Seperti terdapat lukisan pada mata
2. Terdapatnya lapisan kuning atau dapat juga berwarna cokelat
3. Mata menjadi silau
4. Mata melihat cincin di sumber cahaya
5. Pandangan mata menjadi kabur

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates