Wednesday , 28 June 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Seputar Etiologi Kondisi Trismus

Seputar Etiologi Kondisi Trismus

Seputar Etiologi Kondisi Trismus

Seputar Etiologi Kondisi Trismus

Seputar Etiologi Kondisi Trismus

Seputar Etiologi Kondisi Trismus – Rahang mulut yang terkunci atau disebut dengan istilah trismus merupakan suatu kontraksi tonik yang berasal dari otot mastikasi. Trismus ini merupakan gejala klinis dari tetanus, yakni rahang yang terkunci atau disebut dengan lock jaw, merupakan suatu gejala klinis yang diakibatkan karena toksin tetanus pada kontraksi otot mastikasi atau terhadap pengunyah.  Trismus bisa mempengaruhi kualitas hidup pada penderitanya dengan berbagai cara.Komunikasi dapat mengalami kesulitan untuk dilakukan apabila seseorang mengalami kondisi trismus. Tidak hanya menyebabkan gangguan untuk berbicara karena mulut tidak dapat terbuka secara sempurna, akan tetapi juga mengalami gangguan pada artikulasi serta resonsi suara dengan demikian kualitas suara yang akan dikeluarkan bisa menurun. Pada pasien yang sedang mengalami kondisi trismus dapat menimbulkan gangguan atau masalah kesehatan mulut sebab sulit untuk melakukan gerakan dalam mengunyah serta untuk menelan, dan juga dapat meningkatkan resiko untuk mengalami aspirasi.

Hambatan terhadap pegerakan bagian rahang yang terjadi diakibatkan oleh adanya trauma, karena terapi dengan radiasi, pembedahan serta berbagai masalah terhadap sambungan rahang yang lainnya. Hal tersebut dapat terjadi sebagai akibat adanya kerusakan terhadap otot rahang, adanya kerusakan di sambungan rahang, mengalami pertumbuhan pada jaringan ikat dengan terlalu cepat atau terjadinya pembentukan pada jaringan parut, atau mengalami kombinasi dari factor – faktor tersebut. Berdasarkan proses yang sudah dijelaskan, sehingga etiologi dari kondisi trismus di bagi menjadi tiga sebagai berikut:

1. Faktor eksternal
a. Karena Neoplasma di bagian rahang
b. Akibat Infeksi akut
c. Akibat Miositis
d. Akibat Penyakit Sistemik (SLE, Skleroderma serta penyakit sistemik yang lainya)
e. Akibat Pseudoankylosis
f. Adanya Luka bakar
g. Atau berbagai trauma lainnya yang mengenai otot-otot rahang.

2. Faktor internal
a. Ankylosis tulang pada sambungan rahang
b. Ankylosis jaringan ikat pada sambungan rahang
c. Artristis
d. Infeksi
e. Trauma
f. Mikro trauma (termasuk di dalamnya brusixm)
g. Gangguan SSP (tetanus, lesi pada nervus trigeminal dan keracunan obat).

3. Faktor Iatrogenik
a. Paska Odontektomi Molar Ketiga
Molar ke tiga terpendam adalah gigi yang sangat sering mengalami impaksi dibandingkan dengan gigi geligi yang lain. Pengambilan gigi molar ke tiga bawah impaksi biasanya akan dilakukan dengan pembedahan atau odontektomi, yang biasanya dapat dilakukan dengan anestesi lokal. Setelah pengambilan gigi molar ke tiga terpendam dengan odontektomi antara lain bisa menyebabkan pembengkakkan dan juga trismus. Trismus yang terjadi bisa bersifat sementara ataupun permanen. Trismus dapat bersifat sementara namun hanya diakibatkan oleh adanya peradangan serta akibat terjadinya gangguan refleks terhadap saraf motorik pada otot – otot untuk pengunyah, sedangkan trismus yang bersifat permanen akan terjadi gangguan terhadap sendi temporomandibular.

b. Injeksi Yang Dilakukan pada Saat Anestesi
Trismus akan terjadi karena akibat adanya komplikasi anestesi dengan menggunakan jarum untuk melakukan anestesi mandibular serta terhadap infiltrasi regio posterior di bagian rahang sebelah atas. Dimana kedua teknik tersebut akan melibatkan penetrasi jarum ke bagian otot – otot mastikasi serta deposisi larutan anestesi ke bagian jaringan yang terdapat banyak vaskularisasinya. Pada ke dua teknik tersebut, bisa terjadi perdarahan yang bisa menyebabkan hematom yang luas terhadap fossa infra temporal, hal tersebut dapat terjadi jika jarum dengan melewati pleksus vena pterigoideus.

c. Pengaruh dari adanya fiksasi intermaksilaris sesudah fiksasi terjadinya fraktur ataupun trauma.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates