Wednesday , 13 December 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Seputar Sistem Saraf Otak dan Jenis Penyakitnya

Seputar Sistem Saraf Otak dan Jenis Penyakitnya

Seputar Sistem Saraf Otak dan Jenis Penyakitnya

Seputar Sistem Saraf Otak dan Jenis Penyakitnya

Seputar Sistem Saraf Otak dan Jenis Penyakitnya

Seputar Sistem Saraf Otak dan Jenis Penyakitnya – Kesehatan pada sistem saraf otak harus dijaga sedini mungkin, sebab penyakit yang dapat menyerang sistem saraf otak akan sangat membahayakan. Sistem sel saraf di dalam tubuh dapat mengirimkan dan dapat menyimpan implus dengan tingkat kecepatan diluar dugaan yakni 100 meter dalam satu detik sedangkan untuk kecepatan yang transisi pesan yang langsung ke jaringan otak bisa melewati kecepatan manusia dewasa untuk berlari yakni 180 hingga 190 mil dalam satu jam.

Berikut ini merupakan bagian sel saraf otak atau neuron, diantaranya:
1. Neuron Unipolar
Neuron Unipolar memiliki saluran aliran darah yang akan timbul dari badan sel.

2. Neuron Bipolar
Neuron Bipolar memiliki dua aliran darah yakni dendrit serta akson dalam bentuk badan sel misalnya bulat telur dengan aliran darahnya timbul dari dua ujung badan sel.

3. Neuron Multipolar
Neuron Multipolar memiliki satu akson akan tetapi memiliki banyak dendrit, dimana penyebarannya yang paling majemuk di dalam tubuh.

Otak pada manusia di program agar dapat mempunyai jumlah sel yang sangat rumit serta yang majemuk yakni sekitar 100 miliar sel saraf (neuron) serta terdapat zat glial yakni suatu sel yang dapat menyokong makanan agar dapat di alirkan pada sel saraf.

Meskipun otak beserta isinya sudah memperoleh perlindungan yang kuat dari berbagai sel otak serta saraf disekitarnya akan tetapi tidak menutup kemungkinan terdapat banyak faktor luar yang dapat menembus pertahanan mereka yakni berupa penyakit.

Berikut merupakan jenis penyakit yang dapat menyerang sistem saraf otak, diantaranya:
1. Alzheimer
Apabila sel saraf yang ada di dalam otak sedang mengalami ke tidakseimbangan dimana aliran darah yang mengalami penyumbatan atau aliran darah mati sehingga jenis apapun sinyal informasi yang akan diterima oleh bagian otak tidak dapat pernah sampai secara optimal.

2. Skizofrenia
Kekacauan yang akan terjadi di sel – sel kimia yang ada di dalam jaringan otak yang disebut dengan Dopamin yang dapat berefek buruk, seperti akan mengalami kesulitan dalam memahami serta akan kesulitan dalam membedakan mana dunia nyata serta membedakan mana dunia maya dan akan mengalami kemunduran untuk berfikir positif sebab selalu dipengaruhi dengan halusinasi.

3. Ataxia
Penyakit Ataxia bisa menyerang serta dapat melumpuhkan sebagian saraf pada otak kecil yang bisa menyebabkan saraf motorik tubuh memiliki respon yang lambat.  Penyakit ataxia ini terjadi akibat faktor keturunan atau genetika.

4. Parkinson
Parkinson merupakan jenis penyakit degeneratif saraf yang akan menyerang sistem saraf dengan perlahan – lahan serta akan mengakibatkan kesulitan dalam bergerak secara normal.

5. Epilepsi
Penyebab epilepsi yakni sebagai akibat neuron motorik serta neuron sensorik yang mengalami penegangan, yang mengalami tekanan dari otot saraf serta dapat terjadi berulang kali dengan mendadak.

6. Kanker otak
Kanker otak merupakan tumor ganas yang memiliki akar berisi sel – sel aktif agar dapat memperbanyak dirinya di dalam jaringan otak.

7. Gegar otak
Gegar otak merupakan persamaan dari trauma kepala atau disebut dengan cedera kepala yang terjadi akibat adanya benturan akan tetapi tidak akan mengalami kerusakan terhadap jaringan otak di bagian dalam namun melainkan hanya akan mengalami memar serta shock di permukaan kepala. Akan tetapi apabila frekuensi benturan terkena batok kepala yang sangat keras serta menimbulkan muntah darah, sehingga dapat dipastikan bahwa kepala mengalami cedera berat yang bisa menyebabkan saraf otak menjadi terganggu serta harus segera mendapatkan penanganan yang serius.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates