Monday , 26 June 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Bahaya Menggunakan Behel Sembarangan

Bahaya Menggunakan Behel Sembarangan

Bahaya Menggunakan Behel Sembarangan

Bahaya Menggunakan Behel Sembarangan

Bahaya Menggunakan Behel Sembarangan

Bahaya Menggunakan Behel Sembarangan – Behel istilah lainnya kawat gigi yang masih termasuk ke dalam perawatan ortodontis dengan fungsinya dan tujuannya yakni untuk membuat susunan gigi yang tidak rapi dapat diperbaiki. Untuk menciptakan hubungan gigi yang baik serta dapat membuat estetika wajah menjadi lebih serasi, sehingga banyak orang yang memilih menggunakan behel sebagai suatu solusi kesehatan serta kecantikan untuk gigi. Kawat gigi atau behel terbuat dari suatu kabel atau kawat. Seperangkat behel yaitu meliputi adanya bracket, archwire, bracket hook, dan band.
Penggunaan behel harus sesuai dengan anjuran dari dokter, jika penggunaanya sembarangan, maka akan menimbulkan beberapa gejala sebagai berikut:

1.  Gigi Goyah
Penggunaan behel dapat bermanfaat supaya gigi menjadi rapi dan cantik dengan kurun waktu tertentu, dapat membantu susunannya supaya kelihatan lebih indah. Akan tetapi pada saat behel digunakan dengan sembarangan apalagi dalam jangka waktu yang lama, akan berisiko menggoyahkan kekuatan gigi. Behel dapat berisiko gigi menjadi goyah pada saat tulang yang memegang gigi yang mengalami perubahan ikut bersama kawat pencekat gigi di bagian atasnya.

2.  Memunculkan Bakteri dan Kuman
Penggunaan behel dianggap menjadi solusi terbaik agar memeperoleh gigi yang indah. Namun  penggunaan behel bisa mengundang lebih banyak kuman dan bakteri dapat bersarang di dalam mulut. Penggunaan behel akan menjadi hal yang memudahkan bakteri dapat bertahan hidup di dalam mulut. Sebab behel yang tidak dilepas dalam jangka waktu tertentu maka akan membuat kuman mudah terselip di sela behel serta karetnya.

3.  Karang Gigi
Karang gigi berkaitan dengan perkembangbiakkan bakteri dan kuman. Akibat penggunaan behel yang terlalu lama dan juga sembarangan, akan membuat karang gigi timbul lebih cepat.
Penyebabnya akibat area kurung logam terutama di bagian bawah akan sulit dibersihkan dengan demikian otomatis sisa dari makanan yang masuk ke bagian dalam mulut akan terakumulasi didalamnya.

4.  Alergi
Behel terbuat dari logam akan berbahaya sebab dapat memicu reaksi alergi bagi penggunanya.
Di dalam logam tersebut terkandung kromium, tembaga dan nikel, dimana sekitar 30 % pasien ortodontis yang menggunakan behel logam menimbulkan alergi.

5.  Hepatitis
Penyakit hepatitis dapat terjadi akibat pemasangan kawat logam terhadap gigi kerap berbenturan serta dapat menjadi factor penyebab luka kecil di bagian dalam pipi ataupun pada bibir.
Pada saat luka kecil terjadi, dengan keterlibatan kegiatan seksual misalnya berciuman atauun seks oral bisa menjadi peluang masuknya suatu penyakit misalnya virus hepatitis.

6.  Gangguan Pencernaan
Tidak selalu behel itu dapat menolong agar gigi bisa menjadi lebih sempurna susunannya tanpa terdapat masalah kesehatan. Pada saat seorang pengguna behel menggunakan behel yang terbuat dari suatu bahan dengan kualitas yang rendah, maka beresiko menimbulkan masalah terhadap kesehatan terutama di bagian pencernaan. Akibat pemasangan yang kurang tepat bisa menyebabkan masalah pada pencernaan tubuh penggunanya.
Ketika bahan ataupun material behel mengeluarkan suatu reaksi dan bereaksi dengan air liur, reaksi tersebut yang kemudian akan menjadi penyebab utama menimbulkan masalah di bagian pencernaan.

7.  PMS (Penyakit Menular Seksual)
Penyakit Menular Seksual atau disingkat sebagai PMS dapat terjadi akibat penggunaan behel dimana penggunaan behel ini akan berujung terkena virus HIV yang merupakan jenis penyakit seksual menular. Pada saat penggunaan behel sembarangan maka penggunanya akan menciptakan luka kecil di bagian mulut. Pada saat berhubungan intim dengan melakukan metode seks oral maka akan menjadi jalan masuk terhadap virus penyakit seksual tersebut.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates