Monday , 26 June 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Fakta Bahaya Mandi Tanpa Tidur

Fakta Bahaya Mandi Tanpa Tidur

Fakta Bahaya Mandi Tanpa Tidur

Fakta Bahaya Mandi Tanpa Tidur

Fakta Bahaya Mandi Tanpa Tidur

Fakta Bahaya Mandi Tanpa Tidur – Mandi adalah aktivitas yang dapat menjaga kebersihan dan juga kesehata tubuh. Mandi bukan hanya akan membuat badan menjadi segar, juga dapat membuat tubuh akan menjadi wangi. Bahkan dengan mandi dapat memberikan spirit atau semangat baru. Keadaan tubuh yang segar serta fresh dapat meningkatkan mood ataupun perasaan senang di dalam tubuh.Bagi mereka yang selesai mandi, dapat cenderung untuk lebih aktif serta giat bekerja. Selain itu juga, wajah akan tampak lebih ceria. Perlu diketahui bahwa tidak semua waktu cocok untuk melakukan mandi. Terdapat beberapa keadaan serta waktu tertentu yang disarankan tubuh tidak dalam keadaan mandi, misalnya mandi tanpa melakukan tidur. Beberapa dari sumber menjelaskan bahwa hal tersebut dapat berpengaruh buruk terhadap kesehatan tubuh.
Dibalik kesegaran mandi di waktu malam hari setelah bergadang, dan tanpa tidur, akan menimbulkan masalah terhadap kasehatan tubuh. Berikut merupakan efek mandi tanpa melakukan tidur, diantaranya:

1. Menyebabkan menguncupnya pembuluh darah
Berdasarkan penjelasan dari seorang  tenaga medis, bahwa mandi di waktu malam hari tanpa tidur atau yang sebelumnya begadang,  secara fisiologis dimana kondisi suhu dingin dapat megakibatkan penguncupan pada pembuluh darah. Dengan demikian yang baik yakni dalam kondisi ataupun cuaca hangat. Sebab dapat bermanfaat agar dapat melebarkan pembuluh darah.

2. Menyebabkan tubuh akan menggigil
Begadang biasanya akan dilakukan oleh para remaja dan juga dewasa, baik karena menyelesaikan tugas atau pekerjaan yang tidak kunjung selesai, dengan demikian terpaksa untuk begadang. Dengan bergadang kemudian mandi  akan membahayakan tubuhnya, dimana akan berpotensi untuk membuat tubuh dapat mengalami kedinginan. Hal tersebut dapat menjadikan kulit akan menjadi mengkerut. Pada akhirnya tubuh dapat terasa menggigil. Hal terbaik yang dapat dilakukan yakni dengan menggerakan anggota tubuh. Sebab dapat membuat tubuh akan merasakan hangat.

3. Akan beresiko terjadinya penyumbatan
Perlu diketahui bahwa mandi dalam keadaan kedinginan dapat menyumbat pembuluh darah. Apabila kondisi pembuluh darah sudah kecil, dengan demikian akan mempengaruhi kesehatan tubuh. Terutama apabila pembuluh darah sudah ada dalam keadaan penyempitan. Baik karena ada pada otak ataupun pada organ jantung. Yang bahaya yakni apabila terjadi serangan mendadak terhadap pasien yang mempunyai masalah pada organ jantung dan juga otaknya. Maka kemungkinan besar, akan terjadi episode ketikan pagi hari. Sebab kebiasaan episode serangan tersebut berada pada pukul sembilan malam hingga jam enam pagi hari.

4. Malah membuat mengantuk
Sebetulnya harapan utama dalam melakukan mandi sesudah begadang yakni supaya tubuh akan tampak fresh dan juga segar. Namun kebiasaan mandi sesudah melakukan begadang ataupun tidak tidur dengan semalam dapat membuat seseorang mengantuk. Karena kondisi dapat membuat tubuh akan segar, nyaman, fresh, serta dingin.  Keadaan ingin tidur juga dapat dialami pada mereka yang terasa nyaman hingga terlalu nyaman. Karena rasa nyaman dapat membuat seseorang terlena. Dengan demikian hawa mengantuk dapat dialami. Sama halnya pada saat selesai mandi. Keadaan dingin akan membuat tubuh menjadi menggigil.

5. Menyebabkan kerja menjadi tidak maksimal
Mandi di waktu pagi hari atau dini hari memang baik. Sebab dapat memberikan rasa segar terhadap tubuh. Akan tetapi rasa segar yang dialami malah dapat membuat tubuh akan terasa nyaman. Dengan demikian akan tidur kembali. Sehingga dengan tidur kembali akan menghambat aktivitas sehari – hari. Pekerjaan yang di lakukan akan menjadi tidak efektif. Sebab kondisi tubuh tidak dapat melakukan aktifitas secara maksimal.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates