Wednesday , 16 August 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Faktor Penyebab dan Gejala Dislipidemia

Faktor Penyebab dan Gejala Dislipidemia

Faktor Penyebab dan Gejala Dislipidemia

Faktor Penyebab dan Gejala Dislipidemia

Faktor Penyebab dan Gejala Dislipidemia

Faktor Penyebab dan Gejala Dislipidemia – Dislipidemia merupakan gangguan lemak yang terjadi di dalam darah yang timbul sebagai akibat meningkatnya kadar kolesterol serta kadar trigliserida dengan jangka panjang. Terjadinya gejala awal dyslipidemia akan sering menyerang orang – orang tanpa disertai adanya gejala apapun, akan tetapi meskipun demikian dianjurkan untuk tetap waspada dan melakukan pemeriksaan kondisi terhadap kadar kolesterol di dalam darah dengan berkala, supaya kondisi dislipidemia tidak akan menjadi masalah yang menjadi lebih serius.

Berikut merupakan faktor penyebab kondisi dislipidemia, diantaranya:
1. Kebiasaan dan gaya hidup
Kebiasaana serta gaya hidup yang kurang sehat bisa menjadi salah satu faktor penyebab terjadinya gejala dari kondisi dislipidemia. Seperti dengan makan yang berlebihan, Kurang melakukan aktivitas fisik termasuk tidak melakukan olahraga rutin, tidur yang terlalu banyak, begadang malam yang terus – menerus, kebiasaan merokok berlebihan, karena kecanduan alkohol dengan jangka panjang.

2. Penggunaan obat obatan
Konsumsi obat tertentu seperti suntik hormon yang bertujuan estetika atau untuk kecantikan. Konsumsi pil kontrasepsi atau penggunaan kontrasepsi yang melalui injeksi atau suntik yang dilakukan dengan jangka waktu panjang bisa mempengaruhi proses terhadap penghancuran lemak di dalam jaringan darah. Keadaan ini bisa mengakibatkan seseorang akan terkena dislipidemia.

3. Menderita hipertensi
Hiperrtensi merupakan penyakit yang berkaitan dengan penyumbatan pembuluh darah sebagai akibat tekanan darah yang mengalami peningkatan. Tekanan darah tinggi yang tidak segera diobati bisa mengagalkan proses untuk penghancuran lemak di dalam tubuh dengan demikian dapat mengalami penggumpalan pembuluh darah yang akan memicu timbulnya gejala dislipidemia.

4. Obesitas
Obesitas atau disebut dengan Kelebihan berat badan bisa mengakibatkan penumpukan lemak di berbagai jaringan tubuh yang termasuk di dalam arteri, dalam darah serta pada organ – organ penting yang ada di dalam tubuh. Lemak dengan jumlah yang berlebihan di dalam tubuh cenderung akan mengakibatkan tubuh tidak dapat melakukan proses pembakaran lemak dengan alami akibat pasien mengalami obesitas yang cenderung mempunyai aktivitas tubuh yang kurang, termasuk kurang berolahraga.

5. Faktor umur
Faktor usia baik pada pria maupun wanita dapat meningkatkan resiko dislipidemia, sebab dengan usia tertentu dimana lemak dalam tubuh tidak akan mudah lagi mengalami penghancuran sebagai akibat berkurangnyan fungsi pada jaringan tubuh. Waspadalah bagi pria yang berusia lebih dari 45 tahun serta wanita berusia lebih dari 55 tahun agar dapat konsisten untuk menjaga kesehatan tubuh termasuk dalam mempertahankan kadar lemak di dalam darah supaya tetap stabil.

6. Genetik
Faktor genetik merupakan pemicu timbulnya disiplidemia yang mempunyai riwayat keluarga dengan menderita dislipidemia. Agar dapat menghindarinya yakni dengan mengubah pola atau kebiasaan serta gaya hidup yang menjadi lebih sehat misalnya dengan menghindari rokok, hindari konsumsi alkohol, hindari makanan berlemak, Gorengan dan  lain sebagainya.

Seseorang yang mengalami tanda dan gejala awal kondisi dislipidemia akan cenderung tidak menimbulkan gejala apapun. Gejala dapat terasa pada saat dislipidemia sudah mengalami komplikasi, sebagai berikut:
1. Dada akan terasa nyeri dan sesak nafas
2. Perut di bagian atas akan terasa nyeri dimana akan menyebar ke bagian punggung
3. Perut akan terasa mual, perut kembung, keinginan untuk muntah serta mengalami demam ringan hingga berat
4. Mengalami gangguan terhadap arteri perifer misalnya kesemutan, mati rasa, otot kaki akan terasa kaku, di bagian bokong, pada betis, pada paha serta pada persendian akan mengalami kram dan terasa nyeri.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates