Saturday , 23 September 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Faktor Penyebab Disleksia

Faktor Penyebab Disleksia

Faktor Penyebab Disleksia

Faktor Penyebab Disleksia

Faktor Penyebab Disleksia

Faktor Penyebab DisleksiaDisleksia merupakan sebuah bentuk kesulitan untuk belajar yang dialami pada seseorang untuk melakukan kegiatan dalam membaca yang disebabkan sebagian saraf di dalam otak tidak dapat bekerja dengan optimal. Secara pasti memang belum dapat diketahui apa faktor penyebab utama dari kondisi disleksia, akan tetapi tetap saja terdapat berbagai kemungkinan faktor penyebab yang dapat diketahuii supaya bisa mengatasi disleksia yang sesuai dengan faktor penyebabnya, berikut diantaranya:

1. Faktor Keturunan atau Genetik
Pada kondisi disleksia, ada yang kondisinya diakibatkan karena faktor keturunan atau genetik dimana genetik ini dapat dikategorikan sebagai faktor pemicu kondisi disleksia yang paling umum dan juga utama. Ini sebab kondisi disleksia memang sudah diketahui akan cenderung berjalan di dalam suatu keluarga. Hasil penelitian menjelaskan bahwa gen DCDC2 kerap dikaitkan menjadi suatu pemicu kesulitan untuk membaca pada anak. Kecacatan terhadap gen tersebut lalu timbul muncul agar dapat melakukan suatu interaksi dengan KIAA0319 dimana gen disleksia merupakan gen kedua.

Hasil penelitian juga menjelaskan bahwa sebuah keluarga yang memiliki riwayat buta huruf sehingga akan cenderung mempengaruhi kondisi kesehatan terhadap keturunannya dimana akan berisiko mengalami buta huruf. Buta huruf yang dimaksud yakni kondisi disleksia.

2. Neuroanatomi
Susunan terhadap otak atau neuroanatomi juga diketahui sangat mempengaruhi terhadap sebagian besar penderita dengan kondisi disleksia serta kasus yang sering terjadi yakni masalah di bagian otak sebelah kiri. Dimana tepatnya, biasanya akan sering timbul di Wernicke’s area serta Broca’s area sebab dua bagian ini adalah bagian otak yang berperan vital terhadap proses bahasa.

Ketidakseimbangan untuk ukuran otak serta bentuk otak dapat menjadi faktor yang mengakibatkan kondisi disleksia. Apabila seseorang mempunyai otak kanan yang memiliki ukuran lebih besar sehingga biasanya dapat meningkatkan risiko kondisi disleksia. Kondisi neuroanatomi ini, bisa terjadi saat bayi masih terdapat di dalam kandungan ataupun sudah dewasa yang akan terjadi sebagai akibat benturan.

3. Cedera Otak
Disleksia justru sangat sering diakibatkan oleh cedera pada otak serta tidak selalu disleksia terjadi pada saat bayi masih ada di dalam kandungan. Sejumlah kondisi disleksia juga dijumpai terjadi setelah anak lahir serta bukan karena faktor genetik. Kecelakaan, mengalami trauma, ataupun mengalami stroke bisa mencederai bagian otak yang akan berujung mengalami disleksia.

4. Gangguan Pendengaran dan Visual
Faktor penyebab kondisi disleksia bisa berupa adanya gangguan pada pendengaran serta visual dimana terdapat sejumlah kasus, penderita dengan kondisi disleksia pada akhirnya mengalami terhambat untuk membaca sebab fungsi visualnya yang mengalami masalah. Misalnya gangguan visual yang terjadi yakni mata bergerak tidak fokus, masalah terhadap saraf penghubung mata serta pada otak, masalah di bagian retina mata.

Karena hal – hal ini, pada akhirnya tulisan yang akan dilihat pada penderita juga menjadi tidak bisa diterjemahkan dengan benar oleh bagian otak. Pada penderita yang mempunyai hambatan untuk membaca dan juga menulis biasanya mengalami masalah seperti ini. Terdapat juga yang diakibatkan oleh adanya gangguan pendengaran dengan demikian setiap huruf yang penderita tangkap serta diterjemahkan bunyinya akan tidak sama yang pada akhirnya mengakibatkan penderita akan kesulitan untuk mengeja.

5. Faktor Lingkungan
Faktor lingkungan misalnya bagaimana seorang orang tua mengajak anak untuk berkomunikasi atau mengajarkan bahasa dan juga proses pengajaran bahasa yang dilakukan di luar rumah misalnya di sekolah yang dapat membuat anak sulit serta menjadikannya terhambat untuk hal membaca.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates