Saturday , 23 September 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Faktor Penyebab Eye Floaters

Faktor Penyebab Eye Floaters

Faktor Penyebab Eye Floaters

Faktor Penyebab Eye Floaters

Faktor Penyebab Eye Floaters

Faktor Penyebab Eye Floaters – Eye floaters merupakan terjadinya gumpalan yang mirip gel yang mengapung di dalam suatu cairan vitreous yang ada di dalam rongga mata serta apabila dibiarkan seiring dengan berjalannya waktu bisa meyebabkan penurunan terhadap penglihatan bahkan menyebabkan kebutaan.  Dengan mengobati eye floaters adalah metode penyembuhan terhadap gangguan mata yang akan cenderung menyerang pria dan juga wanita dengan usia diatas 45 tahun. Berikut merupakan faktor penyebab terjadinya eye floaters, diantaranya:

1. Faktor usia
Gejala eye fluoaters akan menyerang pria dan juga wanita yang sudah berusia leih dari 45 tahun dimana di usia tersebut dengan alami jaringan mata akan mengalami substansi jelly yang akan mengisi bola mata serta akan menjadi berbentuk cair dengan demikian vitreous dapat mengalami pengenduran kemudian akan menyusut dengan demikian retina akan menarik diri dengan sendirinya terhadap permukaan interior bola mata lalu dengan bertahap dapat membentuk seperti adanya gumpalan serat tidak beraturan yang akan mengapung di lapisan bola mata.

2. Retinopati diabetes
Penyakit gula atau penyakit diabetes merupakan jenis penyakit yang akan beresiko menyebabkan berbagai komplikasi terhadap jaringan tubuh termasuk terhadap mata (bagian retina). Penyakit ini menyebabkan kemampuan penglihatan retina akan mudah menurun pada saat kadar gula di dalam darah menjadi meningkat dengan jangka panjang.

3. Akibat operasi laser
Penggunaan laser yang digunakan untuk pengobatan dan untuk penyembuhan gangguan pada mata bisa mengakibatkan cedera ringan yang bisa berubah menjadi luka yang permanen di jaringan retina yang akan mengakibatkan timbulnya gejala eye floaters.

4. Akibat operasi katarak
Pada saat melakukan operasi katarak bisa mengakibatkan munculnya gejala pada gangguan mata yang berupa eye floaters. Kondisi tersebut akan muncul pada saat sudah ada robekan pada retina. Robekan tersebut bisa terjadi pada saat vitreous yang mengalami pengenduran kemudian menarik serta dapat menjauhkan rertina dengan posisinya yang seharusnya kemudian terjadi robekan.

5. Pendarahan bola mata
Pendarahan yang terjadi di bola mata yang menjurus terhadap keadaan gangguan retina bisa terjadi akibat trauma atau adanya luka akibat kecelakaaan. Benturan ataupun akibat masuknya benda asing bisa menimbulkan kerusakan pada jaringan retina.

6. Infeksi
Infeksi pada retina bisa melebar yang akan menjadi peradangan yakni peradangan hebat yang akan terjadi di bagian belakang mata atau di lapisan uvea pada bola mata atau bola mata di bagian dalam.

Berikut merupakan akibat yang akan ditimbulkan pada saat gejala eye floaters menyerang bagian bola mata diantaranya:

1. Penurunan ketajaman penglihatan
Pada saat kondisi eye floaters terjadi sehingga bola mata akan terhalang oleh cairan yang membentuk gel dengan karakteristik seperti halnya serat ataupun serabut benang yang bisa mengakibatkan pandangan menjadi tidak jelas.

2. Kemunduran konsentrasi
Apabila pandangan yang terus – menerus terhalang serta akan mengalami penurunan terhadap penglihatan maka akan mudah mempengaruhi keadaan jaringan kepala akan menjadi rentan mengalami sakit kepala yang jika dibiarkan dapat membuat konsentrasi seseorang akan menjadi semakin berkurang.

3. Kebutaan
Eye floaters bisa menyebabkan degenerasi vitreous yang akan mengakibakan retina bisa semakin bergerak kemudian akan menarik diri serta akan menjauh dengan demikian akan menimbulkan robekan di retina yang nantinya dapat terjadi pendarahan yang dengan bertahap akan merusak jaringan retina, yang berupa lepasnya bagian retina mata dari posisinya serta mengakibatkan kebutaan.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates