Saturday , 23 September 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Faktor Penyebab Otak Mengecil

Faktor Penyebab Otak Mengecil

Faktor Penyebab Otak Mengecil

Faktor Penyebab Otak Mengecil

Faktor Penyebab Otak Mengecil

Faktor Penyebab Otak Mengecil – Otak yang menjadi kecil merupakan sesuatu yang tidak mudah untuk diketahui. Otak yang menjadi kecil menjadi pertanda bahwa di sebagian sel pada otak mengalami kerusakan serta kemungkinan bisa mati. Terdapat sejumlah faktor penyebab yang dapat mengakibatkan otak mengecil, khususnya akibat kebiasaan – kebiasaan buruk yang seringkali dilakukan. Bahkan pada orang dengan usia yang masih muda juga mempunyai potensi yang sama besar untuk mengalami penyusutan terhadap otak. Berikut merupakan faktor penyebab otak manjadi berukuran kecil, diantaranya:

1. Kurang Tidur
Istirahat merupakan suatu hal yang paling penting dilakukan pada saat sudah melakukan aktivitas sehari – hari. Banyak orang masih selalu memaksakan diri pada saat sudah mengantuk untuk melanjutkan pekerjaannya. Otak membutuhkan istirahat yang sudah digunakan selama seharian. Fungsi otak akan sangat dipengaruhi dari kualitas tidur yang biasa dilakukan, dengan demikian otak membutuhkan waktu istirahat dengan waktu yang cukup. Pada saat kurang istirahat, maka dapat memicu terjadinya kerusakan sel-sel pada otak dengan lebih cepat.

2. Jarang Berbicara
Jarang berbicara memiliki potensi sebagai faktor penyebab mengecilnya otak. Berbicara dengan orang lain dapat sangat mendukung terhadap perkembangan otak. Pada saat otak jarang digunakan untuk bertukar pikiran maka lama – kelamaan bisa tumpul serta tidak terjadi perkembangan dengan positif terhadap sel – sel di dalamnya serta bahkan akan berpotensi mengecil.

3. Berpikir Terlalu Keras ketika Tak Sehat
Banyak orang yang memaksakan diri pada saat sakit untuk tetap berpikir keras demi dapat menyelesaikan pekerjaannya. Tentunya hal tersebut akan membuat otak yang tidak hanya cepat menjadi rusak, bahkan akan cepat mengecil.

4. Melewatkan Sarapan
Otak dapat bekerja dengan optimal berkat dukungan dari asupan sarapan. Otak memerlukan nutrisi setiap pagi agar bisa bekerja dengan maksimal. Otak menjadi kurang nutrisi pada saat kadar gula di dalam darah sangat rendah. Kondisi ini akan menyebabkan volume otak lama – kelamaan akan berpotensi menyusut atau mengecil.

5. Kurang Stimulasi
Dengan upaya memberikan rangsangan ataupun stimulasi agar ketajaman otak tetap terjaga. Dengan kurang membaca buku dapat menyebabkan ukuran otak menjadi kecil.

6. Menutup Kepala dengan Bantal saat Tidur
Menutupi kepala dengan menggunakan bantal pada saat tidur, dapat menjadi faktor pemicu ukuran otak menjadi kecil. Perlu diketahui bahwa kepala yang ditutupi bantal akan menghalangi proses bertukarnya udara. Pada saat pertukaran udara menjadi terhambat, maka dengan otomatis gas buang karbondioksida akan terhirup kembali serta akan masuk ke dalam paru – paru. Sehingga akan menjadi faktor penyebab ketidakmaksimalan terhadap pendistribusian oksigen yang menuju otak.

7. Polusi Udara
Oksigen sangatlah dibutuhkan untuk otak agar dapat bekerja dengan maksimal. Pada saat polusi udara terhirup dengan terlalu sering sehingga pendistribusian oksigen akan menjadi terhambat serta menjadi tidak maksimal. Sebab fungsi dari sel darah merah terganggu oleh gas karbonmonoksida serta pada akhirnya akan menjadikan otak terganggu.

8. Gula Berlebihan
Penyusutan ukuran otak yang menjadi kecil dapat disebabkan karena terlalu banyak gula yang terdapat di dalam tubuh. Pada saat melewatkan sarapan, maka tubuh tidak akan mendapat cukup gula yang pada akhirnya otak akan menjadi kurang memperoleh nutrisi. Namun jumlah gula yang berlebihan yang ada di dalam darah dapat memberikan pengaruh buruk pada penyerapan protein dengan demikian akan menjadikan otak tidak bisa berkembang. Pertumbuhan otak yang mengalami terhambat menyebabkan pengecilan otak.

9. Merokok
Kesehatan sistem saraf otak bisa terganggu akibat kebiasaan buruk dengan merokok. Jenis gangguan pada otak atau kepikunan dapat disebabkan karena zat – zat berbahaya yang ada di dalam rokok.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates