Saturday , 21 October 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Gejala dan Faktor Penyebab Pembesaran Prostat

Gejala dan Faktor Penyebab Pembesaran Prostat

Gejala dan Faktor Penyebab Pembesaran Prostat

Gejala dan Faktor Penyebab Pembesaran Prostat

Gejala dan Faktor Penyebab Pembesaran Prostat

Gejala dan Faktor Penyebab Pembesaran Prostat – Faktor penyebab terjadinya pembesaran prostat yang terjadi pada kaum pria lebih banyak disebabkan akibat gaya hidup serta memiliki kebiasaan yang buruk yang biasa dilakukan dalam kehidupan sehari – hari. Pembesaran pada prostat akan terjadi akibat adanya tekanan di kandung kemih dan pada uretra yang berlebihan dengan demikian akan menghambat jalannya air kencing dengan normal terhadap saluran pembuangan urin. Berikut merupakan gejala terjadinya pembesaran prostat, diantaranya:

1. Sering buang air kecil di waktu malam hari
2. Urin yang keluar akan tersendat – sendat
3. Kesulitan untuk mengeluarkan urin dengan debit air urin yang normal
4. Memaksakan untuk mengejan pada saat sedang kencing
5. Urin akan bercampur dengan cairan darah
6. Area prostat akan terasa mengganjal
7. Rasa tidak enak di daerah organ perut
8. Kesulitan untuk tidur di malam hari
9. Kandung kemih akan terasa seperti penuh serta akan terdorong dari dalam
10. Merasa air seni belum sepenuhnya tuntas keluar semua, dengan demikian tubuh akan terasa tidak nyaman.

Berikut merupakan faktor penyebab pembesaran prostat, diantaranya:

1. Penuaan
Pada saat usia tua sehingga tubuh dapat mengalami perubahan terhadap hormon seksual yang bisa mempengaruhi keadaan prostat. Dengan usia di atas 60 tahun maka pembesaran prostat dapat muncul dengan alami.

2. Obesitas
Kegemukan atau obesitas akan rentan sekali dapat mengganggu kesehatan prostat. Dengan kegemukan akan mengakibatkan penumpukan lemak yang berlebih di area perut serta bisa menekan kandung kemih pada saat seseorang sedang jongkok, sedang duduk bersila ataupun sedang tidur tengkurap.

3. Menunda nunda kencing
Jangan membiasakan untuk menunda – nunda kencing, dimana dinding kandung kemih tidak dapat berfungsi untuk menahan debit air urin yang akan dikeluarkan, dengan menahan kencing secara terus – menerus bisa mengakibatkan dinding kandung kemih akan mengalami tekanan yang dapat berefek buruk yakni menjalar kebagian prostat, yang berupa pembenkakan pada area prostat.

4. Menderita penyakit gula darah
Seseorang yang mengalami penyakit diabetes atau gula darah akan beresiko tinggi mengalami pembesaran prostat. Kadar gula yang berlebih di dalam darah akan mempengaruhi kesehatan serta fungsi dari kandung kemih.

5. Mengkonsumsi obat obatan tertentu
Hindari konsumsi obat – obatan yang bisa menghambat kelancaran terhadap air kencing misalnya jenis obat yang digunakan agar dapat mengatasi penyakit yang berkaitan dengan sinus.

6. Mengalami gangguan jantung
Penyakit jantung koroner dalam kondisi yang sudah parah merupakan salah satu faktor penyebab terjadinya pembesaran prostat. Kelaina terhadap jantung bisa meningkatkan resiko aliran darah disekitar tubuh bisa menjadi ikut tidak lancar terutama di area prostat yang sangat memerlukan pasokan darah yang berisi oksigen.

7. Malas berolahraga
Malas untuk melakukan olahraga merupakan faktor penyebab terjadinya pembesaran prostat akan tetapi akan mudah muncul terhadap orang – orang yang suka minum alkohol serta kafein.

8. Kanker prostat
Kesehatan pada jaringan prostat yang sedang mengalami reaksi abnormal akan beresiko menjadi faktor penyebab terhadap pembesaran prostat.

9. Telah terjadi peradangan
Pada saat prostat mengalami luka serta mengalami iritasi yang terjadi sebagai akibat aktivitas tertentu seperti panjat tebing yang tanpa sengaja mengalami terjatuh dari ketinggian apabila bagian prostat menyentuh bebatuan maka akan menimbulkan rasa nyeri serta akan mengganggu kesehatan prostat.

10. Faktor genetic
Penyebab terjadinya pembesaran prostat akan mudah muncul yakni pada saat seseorang mempnyai riwayat keluarga mengalami pembesaran prostat.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates