Thursday , 22 June 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Ketahui Gejala Xerostomia yang harus Diwaspadai

Ketahui Gejala Xerostomia yang harus Diwaspadai

Ketahui Gejala Xerostomia yang harus Diwaspadai

Ketahui Gejala Xerostomia yang harus Diwaspadai

Ketahui Gejala Xerostomia yang harus Diwaspadai

Ketahui Gejala Xerostomia yang harus Diwaspadai – Xerostomia adalah istilah medis yang merupakan mulut kering. Keadaan mulut kering tentunya sudah dialami pada setiap orang serta bukanlah keadaan yang berbahaya. Akan tetapi, xerostomia atau mulut kering dapat menjadi suatu hal yang mengkhawatirkan jika secara terus menerus dialaminya, terutama jika kondisi ini dialami dalam jangka waktu yang panjang. Berikut ini merupakan berbagai tanda atau gejala kondisi xerostomi, diantaranya:1. Bibir Mengering
Bibir akan mengalami kering pada saat xerostomia sedang dialami. Sebab mulut kering diakibatkan produksi air liur yang sedikit dan juga terbatas, dengan demikian secara otomatis bibir akan ikut menjadi kering secara mudahnya.

2. Bau Mulut
Keadaan bau mulut dapat menjadi gejala utama kondisi mulut kering atau disebut dengan xerostomia. Pada saat berpuasa, otomatis akan bau mulut sebab mulut mengalami kekurangan produksi air liur serta kekurangn asupan cairan.

3. Sering Haus
Mulut kering akan mengakibatkan sering haus menjadi lebih dari biasanya serta memerlukan air minum yang lebih banyak. Dengan minum banyak air harus di waspadai sebab tanda sebagai dehidrasi.

4. Kering dan Lengket di Mulut
Gejala lain yang akan dialami pada seseorang yang mengalami xerostomia yakni rasa kering dan juga rasa lengket pada mulut. Apabila terlalu sering serta bahkan terus – menerus mengalami kondisi ini, alangkah baiknya cobalah untuk minum banyak asupan air.

5. Sensasi Panas di dalam Mulut
Pada saat mengalami kondisi xerostomia, dengan demikian terdapat beberapa penderitanya mengalami kondisi sensasi panas yang terjadi di dalam mulut. Sensasi rasa panas ini biasanya akan disertai rasa kering, haus dan juga lengket dalam mulut dengan demikian dapat mencoba dengan mengatasinya untuk minum air putih yang lebih banyak.

6. Bibir Pecah-pecah
Bibir juga akan mengalami pecah – pecah pada saat mulut dan juga bibir sedang mengalami kekeringan sampai ekstrem. Kekurangan minum cairan yang sangat serius ditambah dengan produksi air liur yang menjadi kurang akan menyebabkan bibir pecah – pecah.

7. Tenggorokan Kering
Mirip seperti halnya keadaan pada gejala flu ataupun batuk dimana rasa kering akan dialami pada tenggorokan, kondisi xerostomia juga demikian. Hal ini terjadi sebab air liur yang kita telan dalam membasahi tenggorokan produksinya yang sedikit dan juga terbatas. Apabila tenggorokan mudah kering serta dengan terus – menerus demikian, cobalah untuk segera memeriksanya.

8. Suara Serak
Selain dari tanda dan gejala – gejala yang sudah dijelaskan tersebut, suara yang akan menjadi serak mirip seperti gejala batuk dan juga radang tenggorokan bisa dialami pada penderita xerostomia. Apabila kondisi suara serak dialami lebih dari 1 sampai 2 minggu tanpa disertai batuk, maka harus segera mengatasinya.

9. Sulit Mengunyah
Pada saat kondisi mulut kering, biasanya hingga kesulitan untuk mengunyah makanan. Sebab bibir kemudian akan menjadi kering, keadaan di dalam mulut juga akan ikut kering serta lengket.

10. Sulit Menelan
Air liur dengan jumlah yang kurang akan membuat tenggorokan menjadi seret serta akan menghambat proses untuk menelan makanan. Jika kondisi xerostomia sudah mengalami kondisi ini  maka akan menyebabkan kesulitan untuk menelan.

11. Sulit Bicara
Selain kesulitan untuk menelan, pada penderita dengan kondisi xerostomia yang mengalami menurunya produksi air liur akan mengalami kesulitan untuk berbicara.

12. Infeksi dan Nyeri pada Mulut
Penderita yang mengalami xerostomia akan ditandai dengan kondisi infeksi dan rasa nyeri pada mulut. Infeksi yang akan terjadi yakni infeksi jamur. Akan tetapi ada kemungkinan rasa nyeri juga merupakan suatu kondisi yang disebut dengan istilah cadisosis oral.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates