Saturday , 21 October 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Seputar Gejala dan Pengobatan Tonsilitis

Seputar Gejala dan Pengobatan Tonsilitis

Seputar Gejala dan Pengobatan Tonsilitis

Seputar Gejala dan Pengobatan Tonsilitis

Seputar Gejala dan Pengobatan Tonsilitis

Seputar Gejala dan Pengobatan Tonsilitis – Radang amandel merupakan peradangan yang akan terjadi pada amandel atau disebut dengan tonsil. Kondisi ini juga disebut dengan  tonsilitis dimana sebagian besar akan dialami pada anak – anak. Amandel atau tonsil adalah dua kelenjar kecil yang ada di dalam tenggorokan. Organ ini berperan untuk mencegah infeksi, terutama terhadap anak – anak. Seiring dengan bertambahnya usia, imunitas atau sistem kekebalan tubuh mereka akan semakin kuat serta dengan perlahan – lahan tugas tonsil untuk penangkal infeksi akan mulai tergantikan. Pada saat peran tonsil sudah tidak diperlukan lagi, ke dua kelenjar tersebut lalu akan berangsur – angsur menyusut.Untuk mendiagnosa kondisi radang amandel atau tonsilitis, tenaga medis dapat memulai untuk memeriksa bagian tenggorokan, juga sekaligus akan mengetahui perihal tanda atau gejala – gejala apa yang dirasakan. Apabila kondisi radang amandel atau tonsilitis ini diakibatkan oleh adanya infeksi bakteri, biasanya tanda dan gejala bisa berupa adanya pembengkakan pada kelenjar getah bening pada tenggorokan, timbulnya bintik – bintik yang berisi nanah di daerah amandel, dan atau akan mengalami demam. Namun apabila radang amandel diakibatkan oleh adanya infeksi virus, maka gejala – gejala yang akan terjadi di nilai lebih ringan jika dibandingkan akibat infeksi dari bakteri, yang akan sering disertai dengan tanda dan gejala batuk dan juga pilek. Tes yang lebih lanjut  dapat dilakukan di laboratorium, misalnya tes darah, biasanya dibutuhkan dokter untuk mengetahui apakah pasien juga mengalami kondisi lain, misalnya demam kelenjar.

Sebagian besar kondisi tonsilitis dapat sembuh dalam kurun waktu satu minggu. Tidak terdapat jenis obat khusus yang dapat menangani tonsilitis. Obat biasanya dapat diberikan agar dapat meringankan gejala yang dialami penderitanya, seperti ibuprofen atau obat parasetamol untuk meredakan rasa sakit. Apabila tonsilitis diakibatkan oleh bakteri, sehingga obat golongan antibiotik dapat digunakan. Selain dengan mengkonsumsi obat, pemulihan dapat ditunjang dengan beristirahat yang cukup serta minum cairan yang cukup.

Pada kondisi tonsilitis yang sudah tergolong parah serta seringkali kambuh, biasanya dokter terpaksa harus melakukan tindakan operasi untuk pengangkatan amandel agar dapat mengatasi hal tersebut. Tonsilitis bisa dicegah penyebarannya melakukan kebiasaan yang baik seperti dengan selalu mencuci tangan apabila sebelum makan dan apabila setelah dari toilet, selalu menggunakan tisu dalam menutup mulut dan juga hidung pada saat batuk ataupun pilek, dan menggunakan masker pada saat ada di tempat umum.

Gejala tonsilitis atau radang amandel biasanya dapat pulih dalam waktu 3 sampai 4 hari. Adapun gejala – gejala tonsilitis atau radang amandel diataranya sebagai berikut:
1. Sakit pada tenggorokan
2. Tonsil akan berwarna kemerahan dan bengkak
3. Kesulitan atau rasa sakit pada saat menelan
4. Nyeri pada telinga
5. Terasa mual
6. Sakit pada kepala
7. Mengalami batuk
8. Mengalami lelah
9. Sakit perut, terutama pada anak – anak
10. Demam atau suhu badan tinggi
11. Perubahan atau kehilangan suara
12. Pembengkakan pada kelenjar getah bening di leher
13. Timbulnya bintik – bintik nanah pada amandel
14. Bau nafas

Pada kondisi tonsilitis yang disebabkan oleh infeksi virus, misalnya virus flu atau pilek, pada umumnya  gejala yang akan timbul dinilai lebih ringan diandingkan tonsilitis yang diakibatkan oleh infeksi bakteri misalnya infeksi streptococcal. Ketahuilah gejala tonsilitis terhadap anak – anak, meskipun mereka tidak menunjukan rasa sakit. Anda bisa mencurigai anak yang mengalami tonsilitis apabila ia mengalami:
1. Rewel
2. Menolak makan
3. Terus – menerus mengeluarkan air liur sebagai akibat kesulitan atau sakit pada saat menelan.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates