Thursday , 17 August 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Jenis Penyakit yang Menyerang Tuba Fallopi

Jenis Penyakit yang Menyerang Tuba Fallopi

Jenis Penyakit yang Menyerang Tuba Fallopi

Jenis Penyakit yang Menyerang Tuba Fallopi

Jenis Penyakit yang Menyerang Tuba Fallopi

Jenis Penyakit yang Menyerang Tuba Fallopi – Tuba fallopi adalah saluran untuk penghubung antara ovarium dengan uterus. Oleh karena itu, tuba fallopi sering disebut dengan saluran ovarium. Fungsi dari tuba fallopi yakni sebagai suatu saluran lewatnya sel telur atau ovum dari tempat pematangannya pada ovarium yang menuju bagian rahim dan sebagai suatu tempat untuk bertemunya sel telur serta sperma. Panjang dari ukuran tuba fallopi yakni sekitar 10 sampai 13 cm dengan diameter sekitar 0,5 sampai 1,2 cm, yang dapat terdiri dari dua buah, yakni kiri serta kanan (yang menyesuaikan dengan jumlah indung telur).Beberapa jenis penyakit yang bisa terjadi serta akan menyerang bagian tuba fallopi. Hal tersebut tentu bisa mengganggu perannya yakni sebagai saluran untuk membawa telur yang di sudah buahi ke rahim dengan demikian, akan menimbulkan infertilitas atau ketidakmampuan untuk mempunyai keturunan. Berikut ini merupakan beberapa jenis penyakit yang akan menyerang tuba fallopi diantaranya :

1. Endometriosis
Endometriosis adalah penyakit atau gangguan yang dapat dialami pada wanita, dimana dalam jaringan endometrium atau jaringan yang dapat melapisi bagian dalam rahim akan dijumpai pada tempat yang tidak semestinya, atau berada di luar uterus (di luar rahim).  Adapun gejala – gejala yang akan ditimbulkannya sebagai berikut :
a. rasa sakit di bagian perut bagian bawah atau abdomen serta di sekitar panggul
b. sakit pada saat melakukan hubungan seksual
c. penyebab perut mengalami kembung
d. volume darah yang akan berlebihan pada saat mengalami menstruasi bahkan akan mengalami pendarahan di luar siklus menstruasi.

Apabila sudah positif mengalami penyakit endometriosis, maka pengobatan yang dapat dilakukan tentunya dapat mempertimbangkan dengan beberapa hal, diantaranya yakni berdasarkan gejala yang dialami, usia serta keinginan untuk mempunyai keturunan.

Berikut merupakan beberapa cara pengobatan yang bisa dilakukan dengan mempertimbangkan tingkat gejala yang dialami, sebagai berikut :
a. Penanganan Rasa Sakit
1) Obat perada sakit
Obat yang dapat digunakan yakni obat untuk pereda sakit dengan jenis anti – inflamasi non-steroid misalnya ibuprofen atau naproxen.

2) Terapi hormon
Terapi ini dapat dilakukan agar dapat menghambat terjadinya produksi hormon estrogen (hormon yang dapat dihasilkan dari indung telur) di dalam tubuh. Hal tersebut bisa dilakukan dengan berbagai cara misalnya dengan mengkonsumsi pil KB yang kombinasi, menggunakan intrauterine system (IUS), dapat mengkonsumsi obat analog hormon untuk pelepas gonadotropin. Dapat melakukan suntikan dengan hormon progesteron atau mengkonsumsi danazol serta gestrinone, yang dapat menghambat penebalan terhadap jaringan endometrium.

3) Pengangkatan Jaringan Endometriosis dengan Operasi
Pengangkatan yang dilakukan dengan operasi dapat dilakukan jika memang sudah dalam keadaan yang tidak memungkinkan atau tidak dapat lagi dilakukan penanganan dengan cara konsumsi obat pereda sakit ataupun dengan terapi hormon yang dilakukan tidak dapat efektif. Pengangkatan yagng dilakukan sangat efektif sebab sangat memungkinkan untuk tidak mengalami infertilitas, atau tidak dapat memiliki keturunan.2. Radang Panggul
Radang panggul atau pelvic inflammatory disease (PID) adalah jenis penyakit infeksi atau peradangan yang terjadi di bagian genital pada wanita bagian atas yang terdiri dari rahim, indung telur yang termasuk tuba fallopi. Radang panggul adalah jenis penyakit yang diakibatkan oleh bakteri yang merupakan penyakit menular seksual.
Gejala dari penyakit ini dapat mulai terlihat sudah mengalami menstruasi, dimana penderitanya dapat mengalami nyeri pada perut bagian bawah an akan mengalami rasa mual serta muntah.

About yanti nurjayanti

One comment

  1. Terimakaish informasinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates