Monday , 24 July 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Manfaat Kubis Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Kubis Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Kubis Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Kubis Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Kubis Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Kubis Untuk Kesehatan Tubuh – Kubis atau yang dikenal sebagai kol oleh sebagian masyarakat Indonesia adalah sejenis sayuran yang paling banyak dikonsumsi dengan berbagai variasi olahan. Dimulai dari lalapan, bahan isian bakwan, campuran gado-gado dan dimasak sebagai sayuran berkuah. Bentuk dari kubis ini cukup unik yakni berupa bulat atau lonjong dengan daun yang mengumpul menjadi satu membentuk bulatan. Daun kubis ini berwarna hijau dan ada juga yang berwarna putih.

Kubis ini memiliki rasa yang cukup enak, dan juga sangat bermanfaat untuk kesehatan dan mengatasi beragam jenis penyakit. Banyak kandungan mineral dan vitamin yang ada di dalamnya. Berikut akan dijelaskan mengenai berbagai manfaat kubis.

1. Meningkatkan kekebalan tubuh
Kandungan vitamin C ini tidak hanya ada pada jeruk, akan tetapi juga pada kubis bahkan kandungan vitamin C yang ada pada kubis ini lebih banyak ketimbang jeruk. Dengan vitamin C yang kaya, tentunya dengan mengonsumsi kubis ini bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga tubuh akan terlindung dari berbagai serangan virus dan infeksi bakteri di sekeliling kita.

2. Baik untuk organ pencernaan
Kandungan serat yang tinggi di dalam kubis ini tentunya sangat baik dalam menjaga kesehatan organ pencernaan. Dimana serat yang ada di dalam kubis ini bisa membantu pergerakan usus pada saat menyerap makanan, sehingga usus tidak harus bekerja keras. Selain itu, dengan mengonsumsi kubis ini membuat feses menjadi lebih lembut, sehingga tubuh akan terhindar dari gangguan pencernaan seperti diare, sembelit ataupun resiko kanker.

3. Mencegah kanker
Kandungan antioksidan yang ada di dalam kubis ini sangatlah tinggi, sehingga bisa mencegah perkembangan radikal bebas yang ada didalam tubuh yang dimana dapat menimbulkan beragam penyakit yang berbahaya seperti kanker.

4. Sebagai nutrisi bagi kesehatan mata
Kubis ini sangat baik untuk dikonsumsi terutama untuk supan nutrisi kesehatan mata. Kandungan beta karoten yang ada di dalam kubis ini memiliki manfaat untuk mempertajam penglihatan, menjaga kesehatan mata orang tua dan mencegah terjadinya katarak.

5. Membantu menurunkan berat badan
Untuk yang sedang melakukan program diet, sangat dianjurkan untuk mengonsumsi makanan-makanan yang rendah kalori, kaya akan serat serta terkandung vitamin dan mineral yang diperlukan oleh tubuh. Salah satu contohnya ini adalah sayuran kubis yang dimana layak untuk dijadikan menu harian.

6. Sebagai nutrisi otak
Kubis adalah makanan yang sangat baik untuk otak hal ini dikarenakan mengandung vitamin K dan antosianin, yang dimana keduanya sangat bermanfaat untuk menjadikan konsentrasi otak lebih baik. Vitamin K sendiri sangat baik dikonsumsi untuk mencegah terjadinya penyakit-penyakit yang terkait dengan menurunnya fungsi otak seperti alzheimer dan demensia.

7. Baik untuk kesehatan tulang
Kubis di dalamnya mengandung beberapa mineral yang sangat penting untuk tubuh seperti kalsium, magnesium dan potasium yang sangat baik bagi kesehatan tulang dan menghindarkan dari penyakit yang menyerang tulang seperti osteoporosis.

8. Detoksifikasi
Dengan mengonsumsi kubis dapat dijadikan sebagai detoksifikasi atau pembuangan zat-zat racun pada tubuh. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin C dan sulfur yang ada pada kubis sehingga tubuh akan menjadi lebih sehat dan juga bersih dari beragam zat racun.

9. Mencegah hipertensi
Hipertensi bisa memicu beragam penyakit yang berbahaya seperti penyakit jantung, sehingga sebisa mungkin untuk dihindari. Dengan mengonsumsi kubis ini dapat menjaga kestabilan tekanan darah, hal ini dikarenakan kubis mempunyai sifat antihipertensi.

10. Mengatasi pembengkakan
Nyeri dan pembengkakan pada tubuh adalah reaksi tubuh pada penyakit atau gangguan dari luar. Kubis yang biasanya dijadikan lalapan atau sayuran ini sangat baik untuk mengatasi dan meringankan bengkak dan nyeri yang dialami.

11. Mengatasi sakit kepala
Dengan mengonsumsi kubis ini dapat meringankan sakit kepala. Sakit kepala sendiri apabila menyerang dapat mengganggu berbagai aktivitas.

12. Mencegah penuaan dini
Para perempuan sangat direkomendasikan untuk mengonsumsi kubis, hal ini dikarenakan bermanfaat dalam mencegah terjadinya kanker payudara dan juga penuaan dini. Antioksidan yang ada di dalam kubis ini bisa mencegah berkembangnya radikalbebas yang bisa menyebabkan beragam penyakit berbahay seperti penuaan dini dan juga kanker payudara.

Demikianlah informasi mengenai manfaat sayuran kubis untuk kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan serta wawasan mengenai manfaat dari sayuran kubis ini yang dimana sangat baik dalam menjaga kesehatan tubuh.

About Pradini33

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates