Friday , 23 June 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Manfaat Tempe Busuk Untuk Kesehatan

Manfaat Tempe Busuk Untuk Kesehatan

Manfaat Tempe Busuk Untuk Kesehatan

Manfaat Tempe Busuk Untuk Kesehatan

Manfaat Tempe Busuk Untuk Kesehatan

Manfaat Tempe Busuk Untuk Kesehatan – Tempe adalah makanan yang sudah menjadi menu wajib di Indonesia, makanan ini sangat digemari dan biasanya dijadikan cemilan atau lauk. Tidak hanya mempunyai rasa yang nikmat dan kaya akan gizi, akan tetapi olahan tempe busuk ini juga sangat ekonomis, sehingga harganya dapat dijangkau oleh berbagai kalangan.

Tempe busuk ini bukanlah tempe yang merupakan makanan gagal produksi, melainkan tempeini mengalami fermentasi yang lebih lama atau disebut dengan over fermented, sehingga tempe nampak seperti busuk. Fermentasi yang berlangsung lama, akan membuat bakteri asam lemak bebas semakin meningkat dan akan menurunkan pertumbuhan jamur yang selanjutnya berhenti.

Dalam sebuah penelitian menjelaskan apabila tempe busuk ini tidak mempunyai mikroba yang berbahaya bagi tubuh, sehingga sangat aman jika dikonsumsi. Namun, untuk memilih tempe yang busuk jangan memilih yang berlendir atau basah, hal ini dikarenakan tempe tersebut mempunyai bakteri patogen yang dapat berpengaruh pada kesehatan pencernaan. Berikut ini akan dijelaskan mengenai manfaat tempe busuk untuk kesehatan.

1. Sumber Antioksidan
Dalam sebuah penelitian yang pernah dilakukan, ditemukan dalam 200 gram tempe busuk dapat menghasilkan ekstrak metanol, yang dimana ekstrak ini akan berubah menjadi antioksidan yaitu genistein yang cukup baik bagi tubuh jika dikonsumsi.

2. Menambah Nafsu Makan
Tempe busuk ini seringkali dimanfaatkan untuk menambah nafsu makan sejak dahulu kala pada anak-anak. Dengan memberikan tempe busuk ini pada anak-anak, tentu akan meningkatkan nafsu makan anak.

3. Sebagai Anti Kanker
Tempe busuk ini juga seringkali dimanfaatkan sebagai bahan baku membuat kecap manis di beberapa wilayah. Tempe busuk yang dijadikan kecap didalamnya menghasilkan kandungan isoflavon seperti genestein yang lebih banyak daripada tempe segar dan ini adalah senyawa anti kanker yang sangat ampuh.

4. Menambah Metabolisme Tubuh
Pada tempe busuk di dalamnya terkandung vitamin B12 dan juga ribovlafin yang cukup baik untuk menambah metabolisme pada tubuh, sekaligus menghasilkan energi yang diperlukan oleh tubuh untuk beraktivitas tiap harinya.

5. Menyembuhkan Infeksi
Antibiotika yang terkandung di dalam tempe busuk ini sangat bermanfaat dalam menyembuhkan infeksi pada tubuh dan mempunyai nilai obat yang lumayan tinggi sehingga sangat aman apabila dikonsumsi.

6. Mengatasi Perut Kembung
Tempe busuk ini dapat dimanfaatkan untuk mengobati perut yang kembung. Antioksidan yang terkandung di dalam tempe busuk ini mempunyai kemampuan dalam mengatasi perut kembung.

7. Mencegah Osteoporosis
Manfaat tempe busuk yang lain adalah dapat menjaga kesehatan dan juga kepadatan tulang pada tubuh. Senyawa yang ada di dalam tempe busuk ini memiliki manfaat dalam mencegah terjadinya osteoporosis.

8. Mencukupi Protein dan Asam Amino
Tempe busuk ini memiliki kandungan asam amino dan juga protein seperti serin, arginin, asam glutamat, valin, lisin, treonin, tirosin gycine, leusin, asam aspartat dan terakhir prolin.

9. Mengurangi Resiko Jantung
Di dalam tempe busuk ini terkandung lemak tak jenuh ganda, omega 6 dan omega 3, yang mana dengan mengonsumsi tempe busuk tersebut maka akan menetralisir kolesterol jahat di dalam tubuh, tentu hal ini akan mengurangi resiko terserang penyakit jantung koroner.

10. Membantu Produksi Sel Darah Merah
Kandungan vitamin B yang ada di dalam tempe busuk ini sangat baik untuk memproduksi sel darah merah di dalam tubuh. Sleain itu, kandungan vitamin B sangat bermanfaat untuk meningkatkan hormon pertumbuhan, menjaga kesehatan otot dan kulit serta membenahi sistem kekebalan dan syaraf.

Demikianlah informasi mengenai manfaat tempe busuk untuk kesehatan. Semoga informasi tersebut dapat menambah pengetahuan serta wawasan mengenai manfaat tempe busuk dan memanfaatkan olahan makanan tersebut sebagai alternatif dalam menjaga kesehatan.

About Pradini33

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates